Wednesday 27 July 2016

Pengertian Dan Perbedaan Gerbang Logika X-OR Dengan Gerbang X-NOR

A. Gerbang Logika X-OR

 
Gerbang logika OR-eksklusif disebut juga sebagai gerbang “setiap tetapi tidak semua”. Istilah OR-eksklusif sering kali disingkat sebagai XOR. Simbol standard gerbang logika XOR adalag seperti tampak pada gambar di samping.

Tabel kebenaran untuk fungsi XOR diberikan pada tabel 1, dari tabel tersebut terlihat bahwa tabel tersebut sama seperti tabel kebenaran gerbang OR, kecuali bila semua masukan adalah tinggi (1), gerbang XOR akan membangkitkan keluaran rendah (0).


Gerbang XOR hanya akan terbuka bila muncul satuan bilangan ganjil pada masukan. Baris 2 dan 3 dari tabel kebenaran mempunyai satuan bilangan ganjil, oleh karena itu keluaran akan terbuka dengan level logika tinggi (1). Baris 1 dan 4 dari tabel kebenaran tersebut berisi satuan bilangan genap (0 dan 2), oleh karena itu gerbang XOR tidak terbuka dan akan muncul logika rendah (0) pada keluaran.

B. Gerbang Logika X-NOR

Gerbang EXCLUSIVE-NOR yang disingkat X-NOR, secara logika adalah ekuivalen dengan sebuah gerbang X-OR diikuti oleh gerbang NOT.
Struktur logika gerbang X-NOR

Simbol

Simbol gerbang EX-NOR diperlihatkan pada gambar di bawah. Simbol NOT telah dihapus dan tanda lingkaran dipindahkan pada keluaran gerbang EX-OR.
Simbol gerbang X-NOR

Rangkaian Logika

logika yang ekuivalen dengan gerbang X_NOR
Persamaan

Persaman gerbang X-NOR :


Tabel Kebenaran

Keluaran akan tinggi bila semua masukannya sama. Karena itu gerbang X-NOR 2 masukan merupakan gerbang ideal untuk pembanding bit, dimana keluaran akan berlogika 1 jika kedua masukannya identik (sama).
Tabel kebenaran gerbang X-NOR

 

 

1 comment: